Kamis, 13 September 2012

INTERNET DAN KOMUNIKASI #BridgingCourse04




Di era globalisasi ini berbagai aspek kehidupan berkembang pesat.  Pengertian globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. [1]  Salah satu ciri globalisasi adalah semakin mudahnya manusia untuk berkomunikasi, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Berkomunikasi secara langsung bisa dilakukan dengan menggunakan alat transportasi darat, laut, dan udara untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Alat transportasi yang tercepat menghantarkan kita untuk berpindah adalah pesawat terbang. Sedangkan berkomunikasi secara tidak langsung bisa dilakukan melalui media komunikasi. Media komunikasi terdiri dari dua jenis, yaitu media cetak dan elektronik.
Pada awalnya manusia hanya mengenal media komunikasi cetak. Untuk berkomunikasi secara tidak lagsung manusia membutuhkan waktu yang cukup lama. Contohnya pada zaman dahulu manusia berkirim surat melalui burung merpati. Kemudian semakin berkembang dengan menggunakan jasa kantor pos. Proses tersebut berlangsung hingga berbulan-bulan lamanya.
Berbeda dengan keadaan sekarang, komunikasi yang dilakukan manusia semakin canggih. Jarak dan waktu tidak lagi menjadi penghambat untuk berkomunikasi. Perubahan ini ditandai dengan perkembangan media elektronik yang semakin pesat. Perkembangan media elektronik dimulai dari adanya telefon, telefon wireless, handphone, dan internet. Media terkini yang paling populer dan hampir menjadi kebutuhan manusia adalah internet.
Internet adalah sebuah sistem jaringan komputer global yang saling berhubungan yang menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP / IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jutaan usaha swasta, masyarakat, akademis, dan pemerintah lokal untuk jaringan lingkup global yang dihubungkan oleh serangkaian luas teknologi jaringan elektronik dan optik. Internet membawa array yang luas dari sumber informasi dan jasa, terutama dokumen-dokumen hypertext antar-link dari World Wide Web (WWW) dan infrastruktur untuk mendukung surat elektronik. [2]
Di jaman sekarang ini sangat mudah bagi manusia untuk mengakses internet, bahkan kalau tidak mempunyai perangkat/gadget sekalipun. Internet bisa diakses melalui telepon seluler dengan menggunakan jalur GPRS/3G/Hsdpa, bisa juga melalui koneksi internet menggunakan kabel dan nirkabel. Untuk koneksi internet nirkabel (wireless) sering disingkat wi-fi sekarang ini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat misalnya sekolah, kampus, mall perpustakaan, cafe, dan lain-lain . Sedangkan bagi yang tidak mempunyai perangkat untuk tersambung ke internet bisa memanfaatkan warung internet (warnet) yang biasanya mematok tarif perjam.
Fungsi atau kegunaan internet pada dewasa ini sangat banyak sekali di berbagai bidang. Mulai dari pendidikan, ekonomi, sosial, politik, budaya, agama, dan lain sebagainya. Secara umum dapat dikatakan bahwa internet berfungsi untuk mengakses berbagai macam informasi serta peristiwa di berbagai belahan dunia dengan waktu yang relatif singkat tanpa batasan waktu dan tempat.
Dampak dari keberadaan internet terlihat sangat jelas dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari kemudahan untuk berkomunikasi, berbisnis, dan belajar. Contoh kemudahan berkomunikasi adalah dengan adanya jejaring sosial seperti friendster, my space, facebook, twitter, thumblr, skype, yahoo, dan lain sebagainya. Melalui situs jejaring tersebut manusia bisa memenuhi kebutuhan dan keinginannya untuk tetap berkomunikasi dengan teman lama, mencari teman baru, menemukan komunitas yang sesuai dengan minatnya, bahkan hingga mencari jodoh.
Selain memudahkan komunikasi, internet juga mendorong perkembangan kreativitas manusia. Hal ini ditandai dengan adanya bisnis-bisnis online yang semakin menjamur. Mulai bisnis kecil-kecilan, menengah, hingga bisnis yang besar. Pelaku bisnis akan terus berusaha memasarkan produknya dengan membuat iklan semenarik mungkin melalui internet. Hanya dengan sekali posting, iklan mereka sudah bisa dilihat banyak orang di berbagai belahan dunia.
Internet juga turut berperan dalam memajukan pendidikan. Dewasa ini pendidikan tak bisa lepas dari internet. Pelaku pendidikan, baik guru maupun siswa dituntut untuk dapat menggunakan internet. Segala pengetahuan dapat didapatkan melalui internet dengan mudah dan cepat. Di negara maju seperti Amerika internet digunakan untuk teleconference ketika sang guru tidak dapat hadir di ruang kelas.
Akan tetapi, internet tidak selamanya menimbulkan dampak yang positif. Internet juga memiliki dampak negatif apabila pengelolaannya tidak dilakukan dengan baik. Berbagai tindakan kriminal telah dilakukan melalui jejaring sosial. Contohnya penculikan, pemerkosaan, perampokan, bahkan pembunuhan. Berita mengenai hal tersebut sudah sering diberitakan dalam media massa.
Tidak hanya tindakan kriminal saja. Bisnis-bisnis online yang menjamur juga bisa menjadi virus bagi pengguna internet. iklan-iklan tersebut dapat menimbulkan jiwa konsumerisme pada pengguna internet. Memilih belanja online juga harus berhati-hati. Tidak semua produk dipasrakan secara jujur. Bahkan bisa terjadi penipuan. Jika tidak pandai mengontrol keinginan untuk berbelanja, maka keuangan menjadi carut marut.
            Menyadari besarnya kebutuhan manusia akan internet dan juga dampak postif negatifnya, manusia dituntut untuk selalu cerdas dan bijak dalam menggunakan internet. Gunakan internet sperlunya dan jangan berlebihan.

[1] : diakses dari http://id.wikipedia.org/wiki/Globalisasi pada tanggal 13 September 2012 pukul 21:22 WIB.
[2] : diakses dari http://www.bamz.us/2012/08/pengertian-internet.html pada tanggal 13 September 2012 pukul 22:32 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar