Rabu, 05 September 2012

Magnum Gold, As Good As Gold #bridgincourse2


Dian Indri Cahyani

            Sebuah iklan produk luar negeri yang belum lama ini diiklankan di beberapa stasiun TV Indonesia, berhasil menarik perhatian jutaan pemirsa Indonesia. Iklan bergaya film Hollywood ini terbilang masih langka diproduksi, termasuk di Indonesia sendiri. Iklan terbaru es walls magnum mampu menjadi inspirasi baru bagi dunia periklanan saat ini.
Iklan terbaru Magnum Gold, iklan yang terkesan begitu wah, dibintangi oleh dua aktor kawakan pemenang Academy Award, Benicio del Toro dan Caroline Correa, serta diarahkan oleh sutradara X-Men dan The Usual Suspects Bryan Singer. dibuat  dengan plot detil seolah tokoh utama sedang beradu akting dalam film layar lebar.  Dengan konsep cerita yang mengusung tema As Good As Gold, alur cerita dibuat seolah Magnum Gold dengan balutan cokelat keemasan ini begitu lezat, begitu diinginkan, begitu tak ternilai, hingga membuat orang rela melakukan apapun untuk mendapatkannya.
            Bagaian opening iklan diawali dengan prolog “coming soon, get ready, for the greatest heist, in history” kemudian disusul dengan percakapan singkat anatara Benicio del Toro dan Caroline Correa yang sedang merencanakan aksi perampokan. Dalam segmen selanjtunya muncul dubbing  “from director Bryan Singer”. dengan konsep opening yang seperti itu, iklan ini berhasil meyakinkan pemirsa bahwam tayangan ini adalah sebuah film, bukan sebuah iklan.
            “They are not only married, but also work together, this summer, Gold is the ultimate prize” itulah kalimat yang muncul sebelum inti plot iklan dimulai. Iklan es walls Magnum Gold menceritakan sepasang suami istri yang diperankan oleh Benicio Del Toro dan Caroline Correa. Selain sebagai sepasang suami istri, mereka juga bekerjasama dalam menjalankan misi sebagai perampok emas dan berlian. Mereka perampok yang cerdas dan berani. Dengan cara yang canggih mereka mampu mendapatkan berlian yang begitu berharga. Bagian ini semakin meyakinkan pemirsa bahwa itu adalah sebuah film yang baru saja dirilis. Bukan sebuah iklan es walls Magnum Gold.
             Segmen berikutnya menceritakan bagaimana sepasang suami-istri yang juga perampok itu mendaptakan berlian. Berbagai kendala mampu mereka hadapi, penjagaan yang ketat mampu mereka lewati. Benicio Del Toro yang ketahuan mencuri dan dikejar oleh petugas keamanan berhasil meloloskan diri.  Pada bagian ini pemirsa akan semakin terbawa dengan plot yang ada. Selain mendebarkan juga membuat penasaran akan kelanjutan plot ini.
Setelah Benicio Del Toro berhasil meloloskan diri, mereka melanjutkan aksi. Mereka berhasil mengebom sebuah ruangan yang diamankan sangat ketat. Pintu ruangan itu terbuat dari besi yang besar, kuat, dan terkunci rapat. Akan tetapi, pintu itu berhasil mereka buka. Pad bagian ini muncul kalimat “just not the gold he was expecting”. Kemudian terlihat bahwa seluruh ruangan itu tertata bertumpuk-tumpuk emas. Tumpukan emas itu tertata rapi dan menggoda iman siapaun yang melihat utuk mengambilnya. Benicio Del Toro dan Caroline Correa masuk ke dalam ruangan itu. Bagian ini benar-benar diluar dugaan. Caroline Correa berlari menuju tumpukan emas dan kemudian mulai melahapnya. Bagian ini pasti menimbulkan pertanyaan bagi pemirsa.  Mengapa  seorang wanita cantik seperti Caroline Correa melahap emas? Ternyata tumpukan emas itu adalah es walls Magnum Gold yang tampilannya padat dan berkilau indah bagai emas.  Benicio del Toro yang melihat hal ini akhirnya menyadari arti emas yang sebenarnya. Sedangkan Caroline Correa dengan lahap menikmati es walls Magnum Gold yang dibalut coklat keemasan dengan ekspresi yang sarat makna, seolah-olah kenikmatan es walls Magnum Gold tiada duanya. Ekspresi Caroline De Souza dan tampilan es walls Magnum Gold membuat permirsa ingin mencicipi es walls Magnum Gold. Di sisi lain, akhirnya pemirsa tersadar bahwa tayangan tersebut bukanlah sebuah film, melainkan sebuah iklan.
Closing dari iklan ini adalah pasangan suami-istri yang juga perampok itu berhasil membawa kabur satu buah truk tronton dengan es walls Magnum Gold di dalamnya. Walaupun dikejar-kejar mobil polisi dibelakangnya, Benicio del Toro menyetir truk dengan santai. Begiitu pula dengan Caroline De Souza yang dengan lahap tetap menikmati es walls Magnum Gold.
            Iklan yang sempat membuat pemirsa menerka-nerka berapa biaya yang harus dikeluarkan dalam pembuatannya patut diacungi jempol.  Tak sekadar menggunakan aktor dan aktris ternama, namun juga mengusung konsep cerita yang menarik, iklan ini berhasil memikat konsumen untuk mencoba es walls Magnum Gold.
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar